Tuesday, May 23, 2017

Desain Eksterior Untuk Maket Rumah Sederhana



      DESAIN INTERIOR DAN EKSTERIOR

 
Bagian dari desain yang tidak kalah penting untuk diketahui selain Desain Interior adalah Desain Eksterior. Dan sesuai dengan namanya yaitu eksterior, hal ini mengindikasikan bagian terluar dari sebuah bangunan. Pengertian lebih simpelnya yaitu tampilan luar mengindikasikan atau mencerminkan bagian dalam suatu bangunan tersebut meskipun sebenarnya tidak selamanya hal tersebut benar. Namun memang sebagian besar masyarakat memang memandang seperti itu. Makanya bagian eksterior ini tidak kalah penting, jadi layak untuk diketahui pengertiannya.


Berdasarkan sumber penelusuran yang didapat, Desain Eksterior berarti suatu ilmu perancangan karya seni arsitektur sebuah bangunan untuk bagian terluar dari bangunan tersebut. Sebagai percontohan agar lebih jelas dan paham, bangunan yang dimaksud dicontoh seperti pagar, taman, tembok bagian luar, kolam renang jika ada. Kemudian rerumputan atau perancangan lain yang menghiasi sekitar pagar rumah, berkaitan dengan penempatan atau posisi taman dan garasi atau pintu, dan beberapa hal lainnya yang tentu berkaitan dengan bagian sebelah luar suatu bangunan.


Dan yang pasti jika dilihat dari luar akan menampilkan kesan tertentu mengenai rumah atau bangunan tersebut. Nah, dari sedikit pengertian tersebut serta beberapa contohnya tentu kalian sudah paham atau paling tidak mempunyai sedikit gambaran mengenai apa sih sebenarnya Desain Eksterior itu. So pasti sangat berbeda dengan bagian interior namun tidak kalah penting untuk diperhatikan. Oh ya, khusus untuk rumah dijaman sekarang ini ukuran rumah yang dijual biasanya tidak terlalu besar mengingat lahan yang semakin tidak seimbang dengan pertumbuhan masyarakat. Namun bukan berarti desain eksterior rumah yang mengagumkan tidak bisa tercipta. Tinggal hubungi saja Jasa Desain Arsitektur yang dipercaya atau telah berpengalaman, maka semuanya itu bisa terjadi.
Desain Interior adalah Ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan masalah manusia. Salah satu bidang studi keilmuan yang didasarkn pada ilmu desain, bidan ilmu ini bertujuan untuk dapat menciptakan suatu lingkungan binaan beserta elemen-elemen pendukungnya, baik fisik maupun nonfisik. Sehingga kualitas kehidupan manusia yang berada didalamnya lebih baik. Perancangan interior meliputi bidang arsitektur yang melingkupi bagian dalam suatu bangunan.
Dalam penataan ruang inteior hal-hal yang terkait antara lain:
-       Furniture                 - Tanaman Interior
-       Cermin                    - Partisi
-       Lukisan                   - Cat Dekoratif
-       Armatur Lampu      - Wallpaper, dll

Dalam bidang desain interior hal yang menjadi prinsip antara lain yaitu:
-       Proporsi      - Ritme
-       Warna         - Detail
-       Focus Point - Keseimbangan
Sedangkan desain Eksterior adalah perancangan atau gambaran karya pada sisi bangunan luar. Atau bahasa mudahnya adalah merancang bagaimana sosok luar rumah terlihat indah dan menarik mulai dari merancang rumputnya, pagarnya, pintu, kaca, cat dan sebagainya.
Berikut adalah apa saja bagian yang dirancang dalam desain Eksterior:
a)    Segi menata tanaman luar rumah
b)   Warna cat tembok
c)    Warna pintu, tembok beserta desain pintunya
d)   Kilam renang, bila ada dan apabila itu ditempatkan diluar rumah
e)    Kolam ikan, bilaada dan apabila itu ditempatkan diluar rumah
f)    Desain pagar, beserta warna catnya
g)   Pemilihan desain ubin lantai, bila lantai depan rumah menggunakan ubin
h)   Desain atap rumah
i)     Penempatan garasi
j)     Ventilasi kaca rumah


DESAIN MAKET UNTUK INTERIOR DAN EKSTERIOR SEBUAH RUMAH

 PENGERTIAN MAKET
     Maket merupakan miniatur atau bentuk tiruan dari rumah, sekolah, gedung, pesawat, kapal dan benda lainnya yang biasanya terbuat dari kayu, kertas, styrofoam dan yang lainnya. Jadi maket biasanya digunakan untuk mempresentasikan benda dengan skala atau ukuran yang lebih kecil. maket terdiri dari berbagai jenis diantaranya maket arsitektur, maket struktural, maket mekanikal dan lain sebagainya.
Sekarang fokusnya kita akan membahas tentang maket arsitektur. Untuk saat sekarang ini maket sudah banyak dikenal oleh masyarakat seiring semakin pesatnya pertumbuhan pembangunan yang saat ini sedang gencar- gencarnya. disetiap mall besar sering kita jumpai pameran perumahan atau apartemen yang mana disitu pastinya akan terdapat miniatur dari bangunan yang sedang dipamerankan, nah miniatur itulah yang disebut dengan maket.
Maket juga dapat mempresentasikan bentuk bangunan serta fasilitas yang ada pada bangunan. maket sangat membantu sebuah perusahaan seperti perusahaan developer dalam mempromosikan dan menjual bangunan yang sedang di promosikannya.
Seiring berkembangan zaman, sekarang bentuk dan kualitas dari maket promosi sudah semakin meningkat, dan itu sangat membantu seseorang dalam mempresentasi bentuk bangunan dan membantu konsumen untuk melihat secara jelas dalam pembelian bangunan seperti maket perumahan misalnya.


B.       MASALAH-MASALAH DESAIN INTERIOR DAN EKSTERIOR DALAM HASIL MAKET RUMAH SEDERHANA

1.    Masalah Desain Interior yang ditemui pada hasil dari Maket Rumah Sederhana

a)    Masalah desain interior yang pertama yaitu masalah yang berada di ruang utama dan khususnya pada ruang tamu. Pada ruang tamu inti tempatnya memanjang dan jadi satu dengan ruang makan maupun dapur. Sehingga untuk membedakannya antara ruang tamu dan dapur hanya kami beri almari sekat. Dikarenakan model rumah yang minimalis dan luas tanah yang tidak terlalu luas mengakibatkan tata letak ruang didalamnya juga harus menyesuaikan ukuran bangunan. Sehingga pada ruang utama ini saya buat menjadi beberapa tempat seperti ruang tamu, dapur maupun ruang makan.
Selain itu juga ada permasalahan peletakan pintu kamar tidur yang ruangan kamar tidurnya terletak disamping ruang tamu.

b)   Ada pula permasalahan yang disebabkan oleh penataan ruang seperti yang telah saya tulis diatas juga menghasilkan permasalahan yang lain. Salah satunya ialah tentang kesulitan dalam menentukan letak perabot rumah tangga dalam ruangan-ruangan yang telah dibuat tersebut.


2.    Masalah Desain Eksterior yang ditemui pada hasil dari Maket Rumah Sederhana

a.    Masalah desain Eksteior yang saya temukan dalam membuat maket ialah meletakkan posisi pintu masuk, jendela maupun ventilasi udaranya. Selain itu juga saya sulit menentukan konsep eksterior untuk halaman depan, dikarenakan luas halaman depan yang minim dan juga dikurangi luas dari garasi mobil (carport). Kemudian ada kesulitan lain yaitu penataan pagar dan model pagar yang akan dipasang.

b.    Masalah desain Eksterior yang selanjutnya ialah dalam menentukan warna yang cocok untuk cat dinding eksterior dengan lingkungan sekitar. Selain itu juga ada pula kesulitan dalam pemilihan warna atap yang sesuai dengan warna cat tembok eksterior. Dalam hal ini kita harus menyesuaikan konsep warna dari dinding dan juga atap bangunan agar tampak menyatu atau padu dan tidak terkesan berlawanan warnanya.

C.      SOLUSI DARI MASALAH-MASALAH DESAIN INTERIOR DAN EKSTERIOR DALAM HASIL MAKET RUMAH SEDERHANA
Dalam penyusunan solusi dari masalah-masalah yang ditemukan dari pembuatan Maket Rumah Sederhana, saya menyadari bahwa solusi yang saya susun ini masih jauh dari kata sempurna karena saya tahu bahwa ilmu dan pengalaman yang saya peroleh masih sedikit dan juga masih jauh dari kata cukup. Maka dari itu dari solusi-solusi yang saya susun ini apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan saya harap maklum dan mohon kritikannya maupun saran dari anda.
1.    Solusi dari masalah Desain Interior yang ditemui pada hasil dari Maket Rumah Sederhana

a.    Dalam memecahkan masalah ruang utama yang tidak begitu luas dan juga dibagi menjadi ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Maka saya hanya memberi almari panjang namun hanya kecil yang tujuannya untuk membatasi antara ruang tamu dan juga dapur. Tujuan yang lain dari pemberian almari ini adalah jika sang pemilik rumah memiliki hajat yang memerlukan tempat yang cukup besar maka almari tersebut tinggal digeser saja.
Penataan perabot dalam ruang ini saya tata sedemikian rupa agar ruangan yang semula tampak kecil terlihat luas dan cukup untuk ditempati

b.    Pada masalah Interior yang nomr dua ini yaitu kesulitan dalam hal penataan perabot. Sudah saya sebutkan diatas dalam penataan ruang ini saya buat sedemikian rupa agar ruangan yang tadinya nampak sempit menjadi sedikit luas apabila ditempati. Separti halnya pada ruang tamu, saya susun kursi dan mejanya secara emanjang ke belakang agar pada samping kursi tersebut masih bisa dilewati oleh orang yang ingin keluar masuk. Selain itu juga dalam masalah ini ada tata peletakan pintu kamar tidur. Posisi diantara kedua kamar tidur ini dipisahkan oleh kamar mandi. Dikarenakan kamar tidur berada disamping ruang tamu, maka pintu kamar tidur ini saya hadapkan ke kamar tidur yang kedua. Karena menurut ilmu yang saya peroleh bahwa pintu kamar tidur tidak baik apabila menghadap ke ruang tamu. Kemudian posisi pintu kamar tidur kedua saya posisikan agak ke belakang menghadap langsung ke ruang makan.
2.    Solusi dari masalah Desain Eksterior yang ditemui pada hasil dari Maket Rumah      Sederhana

a)    Masalah desain Eksterior yang pertama ialah pada konsep halaman depan. Karena halaman depan tidak begitu luas maka dari itu saya konsepkan halaman depan sangat sederhana. Yaitu dengan memasang rumput dan beberapa pijakan kaki saja. Dikarenakan sebagian lain dari halaman tersebut dugunakan sebagai garasi mobil (carport). Dan pada carport tersebut pada lantainya saya pasang plesteran kasar namun hanya berbentuk persegi panjang yang dipasang secara rapi dan diberi gang sedikit. Pada carport tersebut saya beri kanopi sebagai penutup atau atap carport. Pada bagian atas pintu dan jendela juga saya beri ventilasi sebagai sarana keluar-masuknya udara.

b)   Yang sekanjutnya ialah masalah Desain Eksterior yaitu penyesuaian konsep cat tembok eksterior dengan cat atap. Pada penyesuaian ini, warna yang saya pilih untuk dinding adalah warna biru muda sedangkan warna atapnya sata pilih warna abu-abu. Menurut saya warna tersebut sesuai jika dipadukan. Warna pagar yang saya gunakan adalah warna hitam. Alasanya adalah jika warna hitam yang digunakan maka warna pagar tersebut mudah terlihat dan sesuai dengan fungsinya sebagai pelindung atau pengaman rumah.



    Desain Interior dan Eksterior merupakan suatu hal atau prinsip yang harus ada dalam suatu bangunan. Terlebih lagi apabila bangunan tersebut memiliki fungsi berbagai macam, maka desain Interior dan Eksteriornya harus direncanakan dengan baik. Jangan sampai banguna tersebut menjadi semacam bangunan yang kehilangan esensi, yaitu fungsi bangunan dengan konsep yang digunakan hanya terlihat seperti tempelan yang tidak menyatu dalam satu kesatuan utuh dari sebuah bangunan tersebut.Maka dari itu sudah sepatutnya dalam ilmu bangunan terutama Arsitektur hal ini menjadi sangaat penting bagi para desainer untuk mewujudkan konsep bangunan yang aman, nyaman, dan ekonomis. Seperti halnya pernyataan diatas, dalam membuat tugas Maket Rumah Sederhana ini saya mencoba menyatukan atau memadukan konsep Desain Interior dan Eksterior agar maket yang saya buat nampak sesuai dengan keinginan. Walau hasil dari karya kelompok saya masjih jauh dari kata sempurna. Namun tujuan utama dari tugas ini ialah agar para siswa mengerti dan mengetahui kesulitan kesulitan dalam hal menentukan konsep Desain Interior dan Eksterior. Maka dari itu setelah selesai membuat Maket Rumah Sederhana itu kami langsungditugaskan untuk mencatat kesulitan-kesulitan yang didapat yang dituangkan dalam bentuk makalah. Dan saya ucapkan terima kasih kepada semua yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas ini sehingga dapat terlaksana dengan baik. SEKIAN.....






3 comments:

Unknown said...

wah terima kasih infonya gan. sangat membantu

Unknown said...

wow sangat warbiazah skali

Unknown said...

Copas gan